Senin, 28 Februari 2011

Apa itu Radikal Bebas?

Radikal bebas merupakan molekul dengan kekurangan elektron (tidak berpasangan) di kulit luarnya. Pada semua proses metabolisme tubuh, terutama reaksi dengan oksigen, terbentuk Radikal bebas. Radikal bebas (free radical) memegang peranan penting pada misalnya regulasi tekanan darah, pencegahan infeksi kuman dan penghilangan zat-zat asing.

Pembentukan radikal bebas dalam tubuh pada hakikatnya adalah suatu hal yang normal, malah dibentuk secara kontinu karena dibutuhkan untuk proses tertentu. Radikal bebas berperan penting pada ketahanan terhadap jasad renik. Dalam hati dibentuk radikal bebas secara enzimatis untuk merombak obat-obat dan zat-zat asing beracun lainnya.

Bila pengendalian ini gagal, karena pembentukan radikal bebas terlalu banyak sehingga terdapat kelebihan radikal bebas dan kekurangan relatif dari antioksidan, maka dapat terjadi STRESS OKSIDATIF dengan kemungkinan terjadinya kerusakan sel dan jaringan. Bila karena suatu sebab tubuh mengalami kelebihan radikal bebas, maka sel dan inti sel dapat dirusak dengan akibat dipercepatnya proses menua jaringan serta terjadinya cacat DNA dan sel-sel tumor. Selain itu radikal bebas juga turut bertanggungjawab atas sejumlah gangguan seperti pengeruhan lensa mata dan pengendapan oksi-LDL kolesterol pada dinding pembuluh (aterosklerosis).

Allah SWT menganugerahkan suatu sistem yang sempurna untuk manusia. Syukurlah tubuh memiliki suatu sitem pelindung ampuh yang berfungsi mengendalikan radikal bebas tersebut (antioksidan alamiah )agar jangan sampai merugikan organ tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar